ADD THE SLIDER CODE HERE

Senin, 25 Juni 2012

Industri Butuh? SMK Bisa!

Di era globalisasi, perkembangan industri haruslah ditingkatkan terutama di negara berkembang seperti Indonesia ini. Mengingat dengan adanya banyak industri, perekonomian dalam negeri bisa semakin membaik.

Dalam prosesnya, sebuah industri tentunya memerlukan banyak tenaga kerja untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Masalahnya tenaga kerja yang dibutuhkan pun harus berkompeten sehingga industri tersebut bisa terus maju. Dan sepertinya Sekolah Menengah Kejuruan adalah solusinya.

Lalu kenapa harus SMK? Di bawah ini adalah beberapa alasan menurut pendapat saya pribadi yang secara kebetulan juga menjadi admin website di salah satu SMK Swasta di kota Pati. Silakan disimak.

Lebih Terarah

Seperti halnya di Perguruan Tinggi misal di UNY, di SMK juga sudah di berlakukan penjurusan untuk siswanya. Contohnya jurusan Multimedia, Otomotif, Akutansi, Kecantikan dll. Sejak lulus SMP, siswa bisa langsung menentukan jurusan di mana dia akan mengembangkat bakat dan fokus sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Hal ini tentunya menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi industri yang menginginkan karyawannya sudah ahli di bidang tertentu.

Tak Hanya Teori

Selain mempelajari teori, para siswa juga melakukan praktek sesuai dengan jurusan mereka pilih. Selain itu, ketrampilan dan jiwa entrepreneur juga dilatih di sana. Sehingga menjadikan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan siap kerja dan mandiri di usia yang relatif muda.

Matang Berkat Prakerin

Praktek Kerja Industri atau sering disebut prakerin/magang ini merupakan salah satu bentuk pelatihan kepada siswa yang memadukan antara pendidikan di sekolah dengan dunia Industri. Dengan adanya program Prakerin tersebut, siswa dapat belajar beradaptasi dan memahami kondisi tempat dia akan bekerja secara langsung.

Dari penjabaran di atas terlihat jelas bahwa tak perlu diragukan lagi mengenai kualitas dari SMK. Sebagai penutup, saya berharap semoga dengan dukungan semua pihak, SMK menjadi semakin eksis dan dapat menjawab semua tantangan di era globalisasi terutama dibidang industri. Aamiin... Industri Butuh? SMK Bisa!

[Udhi Sapto Vilanata, Mahasiswa Matematika UNY 2010]

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More